Taukah Anda Apa Itu Black Hole (lubang hitam) ??


Ilustrasi lubang hitam
Korannesia.com - Black hole atau lubang hitam merupakan sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar.Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehinggakecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasielektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.

Teori tentang Black Hole dilontarkan pertama kali oleh John Michell dan Pierre-Simon Laplace pada abad ke 18
Nama Black Hole diperkenalkan oleh John Archibald Wheeler pada tahun 1967 Dan sampai sekarang digunakan untuk khalayak umum Bahkan sering digunakan untuk film fiksi ilmiah, padahal Black Hole bukan fiksi sama sekali..

Bagaimana Black Hole Tercipta??


Lubang Hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. pertanyaan yang sering diajukan kebanyakan orang adalah apakah bumi dan matahari termasuk lubang hitam karena memiliki gaya tarik gravitasi ??nyatanya Banyak obyek (termasuk matahari dan bumi) tidak akan pernah menjadi lubang hitam. Tekanan gravitasi pada matahari dan bumi tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi. Tetapi sebaliknya untuk obyek yang bermassa sangat besar, tekanan gravitasi-lah yang menang.
Berapa Banyak Black Hole Yang Ada Di Bima Sakti?? 
Seperti mencoba menghitung seberapa banyak pasir di seluruh penjuru dunia, karena Black Hole pun juga tak terhitung jumlahnya. Namun yang paling penting adalah tidak ada Black Hole yang cukup dekat sehingga membahayakan Bumi (sampai saat ini)
Logikanya seperti ini, Black Hole terbentuk karena ledakan bintang supermasif, sementara di Bima Sakti saja terdapat kurang lebih 100 juta bintang supermasif, bisa ente simpulin berapa tuh Black Hole yang ada. Itu masih di Bima Sakti, belon galaksi laen gan
Dan sampai saat ini hanya ada selusin Black Hole yang terdeteksi dari bumi, dan yang terdekat berjarak 1600 tahun cahaya


Apa Yang Ada Di Dalam Black Hole?? 

Sampai saat ini belum ada yang tahu apa yang ada di dalam Black Hole, karena semua materi, bahkan cahaya, tidak ada yang bisa kembali dari dalam Black Hole
Spekulasi sampai saat ini adalah adanya White Hole, yang mengeluarkan isi Black Hole melewati lubang cacing Namun belum ada pengetahuan paten tentang ini, karena belum ada manusia yang tahu bagaiman sistem kerja Black Hole di dalam event horizon..

“.. Intinya Adalah Lubang hitam merupakan medan gravitasi dimana kecepatan lepas benda tersebut sama dengan atau melebihi kecepatan cahaya.”

Share on Google Plus

Sudah Baca Yang Ini Belum ?

    Komentar Google +
    Komentar Facebook